Diberdayakan oleh Blogger.

Bunga Keabadian Untuk Adri

Jam telah menunjukkan pukul 20.00, namun Rida masih duduk termenung di halte depan fakultasnya, Fakultas Ekonomi. Sudah 1 setengah jam Rida disana menunggu Adri -sang kekasih- yang berjanji akan menjemputnya pukul 18.30. Namun ternyata Adri sampai sekarang belum juga kelihatan, Rida sangat resah mengunggu Adri karena dia takut Adri kenapa-napa. Dismsnya Adri berkali-kali namun tak ada balasan, ditelpon pula nadanya selalu sibuk, hingga membuat Rida sangat resah. Sebenarnya Rida bisa meminta siapa saja untuk menjemputnya kuliah, namun kali ini Rida hanya ingin dijemput oleh Adri karena hari ini merupakan hari jadi hubungannya yang ke 2 tahun. “Adri, kamu kemana sayang jam segini belum jemput aku, aku takut sendirian disini, kamu kemana si sayang, jawab dong sms dan telpon aku :’(” kata Rida harap-harap cemas. Jam 21.00, Jon –Adik Adri- datang menjemput Rida,
“Kak Rida maaf, kak Adri gak bisa jemput dia ada acara mendadak dari tempat kerjanya, makanya aku yang jemput, takut kaka kenapa-napa”, kata Jon setelah sampai di depan halte
“Kenapa dia gak bilang iya, ya udeh dah, makasih ya Jon udeh mau jemput aku, tapi aku pulang sendiri aja dech”
“Jangan kak, udah malem, aku takut kaka kenapa-napa”
“Tenang aja Jon, aku gak akan kenapa-napa kok,” kata Rida, lalu Rida meninggalkan Jon. Jon gak tega melihat Rida pulang sendirian akhirnya diikutinya Rida sampai rumahnya. “Maafin Jon ya kak, udah boongin kaka” kata Jon setelah melihat Rida di rumahnya.
Di rumah Rida…
“Adri mana, Kak? Katanya dia mau jemput kamu? Mama udah masakin masakan kesukaannya dia nih” kata Mama saat melihat Rida datang
“Ngga tau mah, Rida udeh nunggu Adri 2.5 jam tapi Adri gak dateng-dateng, yang dateng malah Jon, ya udeh Rida pulang sendiri aja dech” jawab Rida
“Kok gitu si? bukannya hari ini, kamu 2 tahun sama dia? Apa dia lupa?” tanya mama lagi
“Gak tau, Rida cape dan ngantuk mau istirahat dulu” jawabnya lalu berlari ke kamar
Di kamar…
Dear Diary, hari ini tepat hari jadi ku dengan Adri 2 tahun, tapi Adri gak inget itu, dia janji kalo hari ini akan jemput aku tapi nyatanya apa? dia lupa akan semua itu, aku pingin nangis, tapi aku gak bisa nangis, aku bingung, aku sedih, Adri berubah banget sama aku sekarang” tulis Rida di diarynya. Setelah itu Rida lalu bergegas mandi dan tidur. Pukul 23.57, Adri sms Rida “Happy Anniversary 2 years my Bee, I’m so sorry for you that can’t pick up because I was busy”. Esok paginya Rida baru membalas sms Adri, “Anniv too Bee. iya, gpp kok sayang, kan semalem Jon jemput aku”, “Bagus dech, maaf banget iya Bee” kata Adri.
Pukul 10.00 Rida bergegas pergi ke rumah Adri, dibawanya kue blackforest dengan lilin angka 2 di atasnya dengan mengendarai sepeda motor. Sesampai di rumah Adri, Rida lalu menyalakan lilin itu dan memberikan kue itu pada Adri, “Happy Anive 2 years my Bee” kata Rida, “ya ampun Bee sayang, kok kamu gak bilang sih mau kesini? Aku kan belum mandi tau hehehe, kan kalo kamu bilang aku bisa jemput kamu” kata Adri
“emm aku gak mau nunggu 2.5 jam lagi Cuma buat ngasih ini ke kamu hehe, ikh jorok banget. mandi sono kamu!” suruh Rida
kan kemaren aku sibuk sayang di pabrik, maklum lah kan udeh mau tutup buku jadi kerjaan numpuk semua”
“sibuk apanya? sibuk cari cewek lagi? Oops salah” kata Jon,
“Apaan si lo Jon, kalo ngomong jangan yang nggak-nggak dech. gua gak mungkin lah duain cewek gua, gua kan sayang banget sama dia” bentak Adri
“hmmm, gak percaya” kata Jon lagi.
“Bee, jangan dengerin Jon ya, maklum dia iri sama aku gara-gara dia gak punya pacar” kata Adri kepada Rida
“iya Bee, tiup dulu dong lilinnya” jawab rida tanpa rasa curiga. Adri dan Rida lalu meniup lilin itu bersamaan, “Bee, aku sayang sama kamu, aku janji gak akan pernah ada cewek lagi di hidup aku selain kamu” kata Adri, “iya Bee sayang, iya udeh kamu mandi dulu sana” suruh Rida. Adri lalu bergegas ke kamar mandi. Saat Adri mandi, Jon menghampiri Rida yang tengah memotong BF pemberiannya itu
“Kak, kalo misalnya Bang Adri duain kaka, apa kaka masih mau pacaran sama Bang Adri?” tanya Jon,
“maksud kamu apa Jon?”
“ya jadi kalo misalnya nih bang Adri itu punya cewek lagi selain kaka, apa kaka masih mau bertahan sama bang Adri? kaka kan udeh 2 tahun nih pacaran sama bang Adri, trus bentar lagi juga kan kaka punya rencana mau tunangan ama bang Adri. Jon Cuma takut aja kalo ujung-ujungnya kaka akan kecewa sama Bang Adri”,
“Insya Allah, aku bakalan bertahan ama Adri, tergantung dari Adrinya aja si Jon. Kalo dia bener-bener sayang sama aku, seindah dan sesempurna apapun orang yang mau ngehancurin hubungan aku sama dia, aku sama dia akan tetep bertahan. Doain aja Jon, moga apa yang aku rencanain sama Adri bisa jadi kenyataan”
“Aminn Kak, aku tu udeh setuju banget kaka nikah sama Bang Adri, secara kaka gak Cuma cantik, tapi juga bae, rajin, pinter lagi, lah bang Adri udeh b**o, petakilan, males lagi kan kontras banget tuh sama kaka”
“Nah itu dia Jon, gunanya kita menikah adalah untuk saling ngelengkapin pasangan kita masing-masing, makasih ya Jon udeh doain Kaka sama Bang Adri untuk tetep bertahan dan jadi satu”,
“Sama-sama kak”. rida lalu memeluk Jon seperti cinta kepada adiknya sendiri. Jon baginya tidak hanya sebagai sahabat saja, dia juga sebagai adik yang dulu telah menyatukan cintanya dengan Adri.
Di luar rumah Adri, teman-teman segenk Adri semua pada kumpul. Maklum mereka tau kalo kemaren adalah annive Rida dan Adri yang ke-2. Setelah BF itu dipotong-potong oleh Rida, Adri lalu membagi-bagikan ke teman-temannya.
“Longlest iya Dri sama Rida, gua doain semoga lu cepet-cepet nikah truz punya dede dah hahah” kata Sela, pacar sahabatnya Adri.
“Amin sel, doain aja dah moga tahun depan duit gua udeh kekumpul buat ngelamar cinta gua ini hehe, gua juga udeh pingin punya dede nih dari dia hahah” kata Adri,
“Apaan si kamu Bee, aku kan masih 2 semeter lagi kuliahnya” kata Rida sambil tersenyum. Kebahagian menyelimuti hari Rida saat ini. rida sangat bahagia atas kepedulian teman-teman Adri, senyum yang terulas dari bibir Rida merupakan senyuman tulus dari hatinya yang saat ini sangat senang. Namun, berbeda dengan senyum Adri yang tampak dibuat-buat di depan teman-temannya dan Rida itu.
Tiba-tiba hp Adri berdering, Adri pergi sebentar ke dalam rumah dan mengangkat telpon itu. Saat Adri keluar dari rumah, Adri telah ganti pakaian dan rapih
“Bee, maaf iya, aku tadi ditelpon Leader aku disuruh ke rumahnya sekarang juga. Tadinya aku gak mau karena disana ada kamu Bee, tapi kalo aku gak ikutin kemauannya dia, wah bisa bisa aku diomelin besok panjang kali lebar” kata Adri dengan wajah memelas,
“Ini kan minggu Bee, tapi… iya udeh dah, kamu ati-ati ya Bee, kerja yang bener jangan males-malesan” kata Rida lalu menghampiri Adri. “Maaf banget ya Bee, aku sayang sama kamu”, kata Adri lalu mengecup kening Rida, Rida kemudian menyium tangan Adri. Setelah itu Adri langsung meluncur dengan motornya. Rida kembali ke teman-temannya Adri, “Sabar aja iya Da, maklum Adri sekarang tu sibuk banget kerjaanya” kata Edy,
“Iya dy, gua ngerti kok” jawab Rida,
“Udeh seneng-seneng lagi aja kita, jangan galau-galau gitu dong” kata Pras.
“Emmm, gua balik aja dech, Adrinya juga udeh nggak ada, trus gua ngapain dong disini?” kata Rida. Lalu Rida pamit pulang
1 minggu sejak kejadian itu, Adri udah nggak pernah lagi ngebales dan ngejawab semua sms dan telpon dari Rida. Rida yang takut Adri kenapa-napa mencoba menghubungi Jon, namun Jon mengatakan kalau Adri sekarang sibuk karena harus mengejar deadline perusahaan. Sejujurnya, Rida kecewa dengan perubahan sikap Adri yang seperti itu. Tapi apa daya, Rida Cuma bisa berpikir positive thingkink atas apa yang terjadi semuanya.
Sebulan telah berlalu, Adri sekarang udah gak pernah ngehubungin Rida lagi, perlahan Rida mulai mengikhlaskan Adri untuk pergi dari kehidupannya. Suatu hari, Rida sms ke pada Adri, “Bee, lusa aku mau ke gunung Bromo, aku mau ngedaki sama temen-temen pecinta alam, kamu ngizinin aku kan Bee?”, “ya udah, ati-ati ya Bee” jawab Adri. Sejak dapet balesan sms itu Rida semakin menangis, Adri kan tahu kalo Rida sekarang sangat trauma dengan pendakian karena sahabatnya dulu pernah hilang saat mendaki gunung Bromo.
2 hari kemudian, Rida pamit kepada orangtuanya untuk pergi mendaki, “Mah, doain Rida ya semoga Rida baik-baik aja disana”, kata Rida, “iya sayang, kamu ati-ati ya” jawab mamah. Jon yang kebetulan ada disitu bertanya, “Kak, kaka serius mau ke Bromo, kaka kan takut banget sama pendakian”,
“Gak papa kok Jon, aku kesana Cuma pingin nyari bunga Edelweis yang tumbuh disana. aku pingin ngasih bunga itu buat Adri, soalnya kan Adri dulu pingin banget bunga itu”,
“Tapi kan kak, kak gua takut lu kenapa-napa kak, gua sayang kak sama lu, sumpah kak gua takut”, kata Jon cemas,
“Gua udeh gede Jon, lu gak perlu khawatirin gua kaya gitu, gua bakalan baik-baik aja kok” kata Rida menenangkan calon adik iparnya itu. Rida pergi dengan harap-harap cemas dari seluruh keluarga dan Jon, karena mereka tau ini kenekatan rida yang paling gila disaat seperti ini.
Beberapa hari kemudian…
Rida pulang dari Bromo. sebelum pulang ke rumahnya, dia terlebih dahulu ke rumah Adri, di bawanya 3 tangkai bunga keabadian yang diambilnya dari puncak ketinggian di gunung Bromo. Sesampainya di rumah Adri, Rida hanya menemui Ibunya Adri dan Jon saja.
“Yah kak, Bang Adri tadi pergi sama Zhe, cewek barunya Bang Adri” kata Jon,
“Adri udeh punya cewek lagi Jon?” tanya Rida,
“Udah Kak, pokoknya Bang Adri pacaran sejak sebulan sebelum kaka Aniv 2 tahun dech” jawab Jon. Rida yang mendengar jawaban dari Jon langsung menangis dan dadanya terasa sangat sakit, namun Rida tetap menahan itu di depan Jon,
“Jon, aku nitip bunga ini ya buat Adri, tolong suruh Adri setiap pagi sekitar jam 7 – 8 untuk menaruh bunga ini di bawah terik matahari dan air di pot kaca ini diganti sebelum dijemur itu” kata Rida
“Iya Kak, kaka aku anterin pulang ya, aku kasian liat kaka. Pasti capek”,
“ia Jon, boleh kok”. Rida akhirnya diantar pulang oleh Jon.
2 minggu kemudian, bunga edelweis di rumah Adri tiba-tiba berubah jadi menghitam,
“Jon, kok bunga gua jadi warna item gini sih?” tanya Adri pada Jon
“Gak tau gua Bang, perasaan kemaren-kemaren kaga gitu kok, Cuma emang warnanya agak berubah item-item gitu”
“ya gua juga tau, tapi sekarang bener-bener pekat banget”
“gak tau gua Bang, udah ah gua mau ke rumah sakit dulu sama Edy dan Pras”
“emang siapa yang sakit Jon? kayanya penting banget”
“ada Bang, ceweknya temen gua, dah ye…”. jon lalu meninggalkan Adri di rumah.
Di rumah sakit Jon, Pras dan Edy menengok keadaaan Rida yang sudah 10 hari terbaring di rumah sakit. Saat mereka bertiga tiba, Rida melihat ke arah pintu masuk
“Jon, adri mana?”, tanya Rida
“Bang Adri mau ke rumah Zhe kak, makannya dia gak bisa dateng” jawab Jon. Air mata Rida lalu menetes deras “Adri, aku kangen kamu sayang, kamu kemana? kenapa kamu tega kaya gini sama aku? apa salah aku sama kamu?” kata Rida lirih,
“Sayang, sabar sayang, istigfar sayang” kata Mama menenangkan Rida. Pras lalu mengambil hp nya dan memperlihatkan video ultahnya Adri yang ke 21 yang penuh dengan canda dan tawa bersama Rida. “Jon, tolong bilangin Adri ya, aku sayang sama dia, aku gak mau kehilangan dia.. Aku nitip Adri, Rani dan Mamah ya Jon”. Setelah itu Rida menutup kedua matanya… suara tangis mama seketika itu pecah melihat kepergian putrinya itu, begitu juga dengan Jon, Pras dan Edy yang juga menangis melihat kepergian Rida yang sangat merindukan Adri untuk ada didekatnya di akhir nafasnya.
Seminggu setelah Rida meninggal…
“Adri, kok Rida udah hampir sebulan ya gak ke rumah? gimana kabarnya dia?” tanya Mamanya Adri
“Adri gak tau, tapi kok bunga yang dia kasih makin pekat aja Mah, kaya udah gak akan tumbuh lagi” jawab Adri
“Mendingan sekarang kamu pergi ke rumah Rida ya Dri, tengok dia, mungkin dia lagi sakit” rayu mamah. Meskipun dengan sedikit malas, akhirnya Adri pergi juga ke rumah Rida. Sesampainya di rumah Rida, dilihatnya Adik Rida yang berumur 15 tahun sedang berkebun bunga mawar biru dengan Mamanya.
“Assalamu’alaikum” sapa Adri
“Wa’alaikum salam” jawab Rani –adik Rida- dan Mama Rida
“Mah, gimana kabarnya? baik kan?” tanya Adri berbasa-basi
“Alhamdulillah sehat kok” jawab Mama cuek
“Mah, Rida kemana? ini kan bunga kesayangannya Rida, kok gak Rida sendiri yang berkebun?”
“kak Rida udah nggak tinggal disini Kak. Kak Rida sekarang udah punya rumah sendiri dan kak Rida bilang disitu kak rida ngerasa tenang banget” jawab Rani,
“Rida pindah kemana Mah? kenapa mamah gak pernah bilang sama adri kalo rida udah nggak tinggal disini?” tanya Adri penasaran..
suasana hening seketika…
“Rani sayang, kamu kasih tau ya, dimana kak Rida sekarang tinggal, jangan lupa bawa mawar biru keayangannya ya sayang”, kata mama kepada Rani,
“iya Mah, ayo kak” kata Rani mengajak Adri.
Adri lalu membonceng Rani ke rumah Rida yang baru. Namun Adri merasa aneh mengapa Rani membawanya ke sebuah pemakaman yang sangat luas, tapi Adri hanya bisa diam. Rani menyuruh Adri untuk memberhentikan motornya, lalu Rani berjalan menuju sebuah pusaran yang masih baru, “Assalamu’alaikum kak. kak, aku bawa Kak Adri ni kak, kak Adri bilang dia kangen sama kaka, dia pingin ketemu kaka.. kak, ini rumah Kak rida yang baru..” kata Rani. Adri langsung memeluk papan nama yang bertuliskan nama “RIDA SEPTIYANA”
“Bee, kenapa kamu tinggalin aku? gak bisa hidup tanpa kamu Bee…” kata Adri sambil terisak. Begitu lamanya Adri menangis di pusaran Rida dan menyesali kesalahannya dulu.
“Kak, pulang yuk. Rani takut lama-lama disini. Oh iya kak, kak rida pernah nitipin sesuatu buat kaka. Dan kaka diminta ambil sendiri di kebun” ajak Rani. akhirnya Adri pun mengantarkan Rani pulang.
Sesampainya di rumah Rida, Adri langsung ke taman belakang rumah, disana banyak tumbuh bunga mawar Biru dan Edelweis yang Rida tanam. Disela-sela bunga mawar biru dan edelweis ada sebuah rumah barbie kecil, disana Adri menemukan sebuah mahkota Bunga perpaduan Bunga Mawar Biru dan Bunga Edelweis disana ada juga surat untuk Adri
“Bee… aku tau apa yang kamu lakuin di belakang aku selama ini. Aku makasi banget sama wanita itu, karena berkat dia, kamu perlahan bisa ngelupain aku, aku Cuma wanita penyakitan yang gak pantes buat kamu.. makasih ya selama 2 tahun ini, kamu udah mau jadi kekasih aku dan mau menghiasi hari aku. Aku kasih kamu Mahkota bunga ini, sebagai tanda kalo kamu adalah cinta sejati aku dan gak akan pernah ada orang lain selain kamu. Bee… aku mau kamu kasih mahkota bunga itu sama orang yang paling kamu sayang di dunia ini…”
Setelah membaca surat itu, Adri lalu pamit pulang..
Di rumah…
“Kenapa Bang mukanya kusut gitu? gimana rasanya ditinggal sama orang yang udah 2 tahun ngehiasin hidup kita?” Tanya Jon kepada Adri.
“Maksud lu apa Jon?” adri balik tanya kepada jon
“Sekarang lu baru sadar kan kalo Rida tu sayang banget sama lo. lo lupa bang kalo Rida tu takut banget sama gunung tapi dia berani ngilangin rasa takutnya Cuma buat lu Bang, biar dia bisa ngasih bunga Edelweis itu buat lu. tapi apa yang lu kasih ke dia? Cuma penghianatan doang! gua inget banget gimana disaat dia sekarat, dia masih inget nama lu bang! coba lu ngerasain jadi dia bang, pasti bakalan sakit banget diacuhin kae gitu” kata Jon.
Adri terhenyuk mendengar kata-kata Jon. Diambilnya mahkota bunga itu, lalu dibawanya pergi, diambil jaket kesayangannya yang merupakan pemberian dari Rida lalu distarter motornya di derasnya hujan. “Abang… lu mau kemana???” teriak Jon,
“Cari Ridaaa” jawab Adri.
Jon panik setengah mati mendengar jawaban abangnya itu…
30 menit kemudian Hp Jon berdering, Jon mengangkat telpon itu..
setelah dia menangkat telpon itu dia langsung memeluk mamanya yang sedang tertidur
“Mamaaa, bang Adri kecelakaan… tadi Jon dapet telpon dari orang rumah sakit katanya Bang Adri meninggal mah,” kata Jon terisak. Mama adri langsung syok mendengar berita itu. Beberapa menit kemudian, Jon dan Mama ke rumah sakit. Dilihatnya keadaan Adri yang sudah tak berdaya itu. Jon melihat Hp Adri, disitu ada tulisan “Jon, jagain Mamah ya… Gua udah tenang sama cinta gua disini, gua sekarang udah tinggal sama Rida di negeri nirwana ini…”

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar